Alasan wanita bisa menjadi pemimpin

Siapa yang lebih kuat antara wanita atau pria? kebanyakan biasanya langsung menjawab pria. Padahal kenyataannya, wanita juga memainkan peranan penting baik di rumah maupun di kantor bagi wanita karier.

Bicara soal karier, banyak wanita yang justru melesat dan menjadi pimpinan di kantornya. Pola kepemimpinan pria dan wanita dalam suatu perusahaan tentu saja berbeda. Siapakah yang lebih baik, atasan pria atau wanita?

Berikut 10 alasan kenapa atasan wanita lebih baik daripada atasan pria seperti dilansir dari magforwoman.com, Rabu (5/6/2013):

1. Selalu bergerak penuh makna

Wanita punya kemampuan untuk melakukan apa yang dirasanya benar dan bermakna. Wanita hanya melakukan kegiatan dan mengambil keputusan yang penting dan menguntungkan. Faktanya, bos wanita cenderung berhubungan baik dengan para pegawai.

2. Sangat memahami bawahannya

Kualitas terbaik pemimpin yang hebat adalah dia selalu mampu memahami bawahannya dan mempertimbangkan pandangannya. Jika dia menemukan pendapat penting dari karyawannya, perusahaan harus menerapkannya. Wanita mampu melakukannya. Hal ini mendorong orang lain untuk bekerja dan berupaya lebih keras lagi.

3. Selalu ingin orang bawahannya berkembang

Dalam profesi apapun, orang-orang selalu ingin lebih berkembang dalam bidangnya. Jika tak mungkin, harus ada motivasi apapun yang bisa mendorongnya bekerja efisien. Sebagai pemimpin, wanita ingin pegawainya berkembang seiring dengan pertumbuhan perusahaan.

4. Jujur

Hasil penelitian menunjukkan wanita lebih jujur dibanding para pria saat memimpin. Sesulit apapun kondisinya mereka lebih memilih untuk jujur. Di luar sana banyak orang ingin bekerja dengan pemimpin yang jujur dan adil.

5. Kreatif

Wanita selalu lebih kreatif dalam hal apapun. Jika ada masalah, para bos ini mencoba memandang dari berbagai sudut pandang. Mereka tak ingin bertahan di satu sisi, tapi selalu berpikir luas.

6. Pendengar yang baik

Ya, fakta sederhana adalah wanita lebih baik dalam menyimak dan membuatnya menjadi pemimpin hebat. Dirinya bukan orang-orang yang menjatuhkan orang lain. Wanita cenderung memberikan kesempatan bagi orang lain untuk mengeluarkan pendapat dan mempertimbangkannya.

7. Lebih rinci

Wanita tak pernah melewatkan hal sekecil apapun. Maka saat dia sedang memimpin, dia cenderung peduli pada hal kecil dalam pekerjaannya dan pekerjaan pegawainya. Wanita memperhatikan hal-hal kecil lebih rinci. Itulah yang membuatnya menjadi pemimpin hebat.

8. Mampu menyelesaikan banyak tugas

Wanita bisa menyeimbangkan kariernya dan kehidupan pribadinya. Selain itu, dia juga hebat dalam melakukan banyak pekerjaan bersamaan. Di rumah, seringkali dia menghadapi banyak urusan keluarga, dan saat di kantor, dia sudah terbiasa.

9. Berdedikasi

Wanita berdedikasi tinggi pada pekerjaannya. Jika tugasnya tak selesai, dia mempelajarinya dan nanti dia pasti menyelesaikannya.

10. Punya dorongan untuk sukses

Kebanyakan wanita ditekan dan didiskriminasi dalam lingkungan yang didominasi kaum pria. Hal ini meningkatkan keinginannya untuk sukses dan membuktikan bahwa wanita juga bisa. Wanita juga bertanggung jawab dan suka mengatasi tantangan-tantangan dalam pekerjaannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s